Subscribe:

Minggu, 16 Desember 2012

Pembuatan Data Base pada MS.Access

BAB I DASAR TEORI Microsoft Access adalah salah satu aplikasi yang dikeluarkan oleh Micrsoft Office, yang kegunaannya adalah untuk membangun suatu bisnis data relsional. Basis data adalah kumpulan data yang saling berhubungan yang diorganisasi sedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah. Dengan Microsoft Access kita dapat membangun suatu bisnis data saja (user-system interface-nya dibangun dengan bahasa pemrograman lain) atau membangun basis data sekaligus user-system interface mengakses basis data tersebut. Untuk membangun suatu basis data di Microsoft Access cukup dilakukan dengan cara : 1. Membuat Tabel-Tabel penyimpan data dengan sebelumnya mendefinisikan dahulu field-field tiap tabel. Jika definisi telah selesai maka barulah tiap tabel dapt diisi datanya. Jadi tabel adalah suatu komponen dalam aplikasi Microsoft Access yang secara fisik berfungsi menyimpan data-data. 2. Jika terdapat lebih dari satu tabel, buatlah relationship antar tabelnya. Relationship adalah suatu komponen dalam aplikasi Microsoft Access yang berfungsi menghubungkan antar tabel (melalui kesamaan suatu field yeng dimilikinya) 3. Membuat Query Query adalah suatu komponen dalam aplikasi Microsoft Access yang berfungsi memproses/memanipulasi lebih lanjut data-data dari field yang dipilih sesuai permintaan pengguna. 4. Membuat Form Form adalah suatu komponen dalam aplikasi Microsoft Access yeng dibuat untuk memudahkan pengguna dalam memasukan data atau membaca isian dta tiap record dalam tabel (meskipun sebenarnya pengguna dapat secara langsung memasukan dan membaca isi data dalam tabel dengan membuka Tabel >> Data View). Form dapat juga digunakan sebagai media untuk membaca data yang ditampilkan oleh suatu Query. 5. Membuat Report Report adalah suatu komponen dalam aplikasi Microsoft Access yang dibuat apabila pengguna menginginkan sebuah tampilan akhir data namun dengan layout yang indah, baik untuk tampilan monitor maupun untuk di-print BAB II DATA BASE TOKO BUKU MENGGUNAKAN MS.ACCESS Data yang ada pada Toko buku :
Cara membuat tabel pada ms.access : 1. Pertama kita mengubah nama tabel terlebih dahulu dengan cara : • klik view pada menu home . • pilih desain view,maka akan muncul kotak dialog seperti di bawah,isikan nama tabel lalu OK.
• Bisa juga dengan klik kana lalu pilih desain view. Dan setrusnya jika ingin mengganti nama tabel. • Menambah tabel o Pilih menu create lalu pilih Table,maka akan muncul Tabel baru Tabel yang di butuhkan pada toko buku yaitu Tabel Pembeli,Tabel Buku,Tabel Pesanan,Tabel item Pesan. 2. Mengisikan atribu ke dalam tabel :  Tabel pembelian o Isikan atribut (id_pembeli,nama,alamat,telpon). o Tentukan data type. o Tentukan Field Propertis (id_pembeli (integer),nama(30),alamat(50),telpon(15)). Seperti gambar di bawah ini :
o Jika sudah diisi lalu di save .  Tabel Buku o Sama dengan tabel di atas isikan atribut yang di butuhkan ( Isbn,Pengarang,Judul,Harga) o Tentukan data type, o Selanjutnya Filed Propertisnya di isi (Isbn(15),Pengarang(30),Judul(50),Harga(Double)) Seperti gambar di bawah ini :
o Lalu save.  Tabel Pesanan o Isikan atribut ke dalam tabel (id_pesanan,id_pembeli,jumlah_pembeli,tanggal_pembelian). o Pilih Type Data o Selanjutnya tentukan Filed Propertisnya (id_pesanan(integer),id_pembeli(integer),jumlah_pembeli(double),tanggal_pembelian(data/time)). Seperti gambar di bawah ini :
o Lalu save.  Tabel Item_Pemesanan : o Masukan atribut yang di butuhkan ( id_pesanan,Isbn,jumlah) o Pilih Type data o Tentukai Filed Propertisnya (id_pesanan(integer),Isbn(15),jumlah (integer)) Seperti gambar berikut :
o Lalu save. Setelah prosoes pembuatan tabel selesai lalu proses selanjutnya pengisian data pada tabel. 3. Pengisian Data pada Tabel. Cara mengisikan data ke dalam tabel yaitu double klik pada nama tabel yang kita ingin isikan.  Tabel Pembeli
Membuat Form • Pilih menu Create lalu pilih More Forms Maka akan muncul gambar seperti berikut :
Selanjutnya Memodifikasi form • Pilih menu Create lalu pilih form • Kemudian klik kanan pada nama form yang ingin kita modifikasi • Pilih Desaign View. Sehingga muncul jendela form yang akan kita modifikasi seperti gambar di bawah .
o Selanjutnya memodifikasi form dengan menabah tombol-tombol dengan memilih icon Button,lalu letakan pada jendela form,Lalu akan muncul jendela seperti di bawah ini : Untuk Button tombol Next :
Untuk merelasikan tabel dengan tabel yang lain caranya yaitu : • Pilih menu Create lalu pilih Query Design Maka akan muncul gambar seperti berikut
Semoga Bermanfaat :)

Minggu, 02 Desember 2012

pembuatan table

2. Membuat Table dan Contohnya : Tabel diperlukan untuk memperlengkap informasi. Pengertian tabel sendiri adalah suatu format tampilan yang terdiri dari kolom dan baris. Pertemuan antara kolom dan baris tersebut dinamakan dengan sel. Anda dapat membuat tabel yang seragam dengan sel-sel berukuran standar, mengambar sebuah tabel sendiri dengan beragam ukuran sel, atau sebuah tabel dari teks yang sudah ada. Setelah membuat tabel, Anda bisa memasukkan teks, angka, dan gambar-gambar ke dalam sel-sel tersebut. Membuat tabel dalam Microsoft Word sangat mudah, karena Word telah menyediakan fasilitas ini melalui menu Tabel. Dari menu tabel tersebut, Anda dapat membuat tabel, menghapus tabel, mengurutkan data, menyisipkan kolom, menyisipkan baris, mengatur lebar kolom, mengatur tinggi baris, menggabungkan sel, mengubah kolom, dan perintah-perintah yang lainnya. • Menyisipkan Table : - Klik menu Insert > Table, Bisa juga mengisikan Secara manual dengan memilih Insert tabel ,maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.. tentukan kolom dan baris yang di butuhkan. - Number of Colums untuk menentukan jumlah kolom. Ex :5 - Number of rows untuk menentukan jumlah baris. Ex : 2 - AutoFit behavior untuk pengaturan lembar kolom. Contohnya :

Pembuatan Dokumen pada Word

Cara membuat dokumen pada Ms.word : pertama buka lembar kerja Ms.word lalau klik file > New setelah itu pilih lembar kerja lalu Create. selanjutnya atur dulu ukuran kertas sebelum kita memualai membuat dokumen. • klik menu Page Layout >Page Setup sehingga muncul kotak dialog Page Setup (lihat gambar dibawah). Kotak dialog ini terdiri dari tiga bagian, yaitu Margins, Paper, dan Layout. selanjutnya : • Menyimpan Dokumen: - Klik menu File > Save atau klik pada icon (save) - Atau File > Save As. • Membuka dan Menutup Dokumen - klik menu file > Open atau tekan tombol CTRL+O atau klik tombol Open yg terdapat di dalam Tool Bar. - Untuk menutup dokumen klik menu File>exit atau klik tombol Close Windows pada Titele bar.

fungsi Lookup


Penggunaan fungsi LOOKUP dan contohnya :
Gunakan formulir ini fungsi LOOKUP ketika Anda ingin menentukan rentang yang berisi nilai yang ingin Anda cocok.


  Contohnya  :
Dari 2 tabel yakni tabel peminjaman dan tabel buku akan dibuat Daftar Peminjaman Buku.



solusi :
– Nama pada cell B11 adl =VLOOKUP(A11;$A$2:$D$5;2;0)
– Perihal pada cell D11 adl = VLOOKUP(C11;$F$2:$H$5;2;0)
– Judul pada cell E11 adl = VLOOKUP(C11;$F$2:$H$5;3;0)


Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info